Cara Mudah Membuat Taman Kecil di Rumah

Desain taman kecil depan rumah
Desain taman kecil depan rumah

Taman merupakan pelengkap keindahan untuk setiap rumah. Dengan adanya taman di area rumah Anda akan membuat lingkungan dan suasana rumah menjadi sejuk dan nyaman. Rumah dengan tumbuhan dan bunga-bunga juga bisa membuat rumah terlihat nampak alami. Jika Anda ingin membuat taman kecil di rumah Anda, maka informasi di bawah ini pas sekali untuk Anda. Simak beberapa tips dibawah, cara mudah membuat taman kecil di rumah.

Siapkan tempat

Jika Anda ingin membuat sebuah taman kecil, hal yang perlu diperhatikan adalah ruangan atau tempat yang akan Anda gunakan. Apakah Anda memiliki pekarangan di halaman rumah Anda? Jika ya, maka gunakan pekarangan tersebut untuk di jadikan taman kecil. Bagi Anda yang tidak memilikinya, Anda bisa memilih tempat yang menurut Anda sesuai dan pas untuk diletakkan pot bunga atau tanaman hias lainnya, seperti di ujung atau sudut ruang tamu atau keluarga. Bahkan, Anda juga bisa meletakkannya di kamar tidur.

Sesuaikan dengan konsep rumah

Menyesuaikan gaya rumah dan tanaman yang akan menghiasi taman sangat penting untuk menciptaan visual yang harmonis dan manis bagi rumah Anda. Bunga dengan warna-warna hangat sangat cocok dipadukan dengan warna hijau terang yang sesuai untuk gaya rumah tropis. Sedangkan bunga dengan warna pink atau ungu akan serasi dengan tanaman hijau gelap yang dapat menciptakan kontras yang harmonis untuk model rumah minimalis modern. Perhatikan dengan seksama taman yang akan ditumbuhi tanaman atau bunga-bunga dengan konsep rumah Anda agar terlihat alami.

Pilih tanaman yang tepat

Dengan ide membuat taman di pekarangan rumah, sangat penting menyesuaikan tipe tanaman dengan iklim dan sekali kembali lagi pada gaya rumah Anda. Kecocokan tanaman dan iklim rumah harus diperhatikan agar rumah dan taman terlihat menyatu dan tampak lebih indah. Sebaiknya pilihlah tanaman yang tidak tumbuh atau merambat dengan cepat. Hal ini akan mempermudahkan Anda dalam perawatan taman kecil Anda. Selain itu untuk mendukung visual taman, Anda juga bisa menambahkan pencahayaan yang tepat dan pastikan pot tanaman Anda terpasang dengan baik dan tertata sesuai keinginan Anda.

Gunakan taman vertikal

Jika hunian Anda tidak memiliki lahan yang cukup untuk membuat taman kecil, Anda bisa mempertimbangkan yang satu ini. Taman vertikal memiliki pendekatan yang berbeda. Taman vertikal biasanya menggunakan dinding sebagai wadahnya. Anda bisa menyusun pot-pot bunga dengan meletakkannya di papan kayu yang di taruh di dinding. Atau, memasang pot bunga pada dinding secara zigzag juga bisa Anda lakukan. Pemilihian pot dan bunga yang tepat dapat membuat rumah Anda terlihat indah dan menawan.

Tanaman gantung

Menggantung tanaman di balkon atau jendela merupakan ide kreatif yang dapat Anda lakukan bagi yang tinggal di apartemen atau rumah kecil. Anda bisa menggantung beberapa pot tanaman pada tiang-tiang balkon atau dindnig-dinding balkon serta jendela agar dapat mempercantik area Anda. Dengan menggantung pot bunga, Anda tidak perlu repot untuk mengurusnya. Karena pot tersebut menerima sinar matahari yang banyak tanpa perlu Anda pindah-pindahkan.

Perhatikan hal-hal penting

Dalam membuat taman kecil yang minimalis, perhatikan hal-hal penting yang harus ada di dalam taman kecil Anda. Jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup, sebaiknya hindari penggunaan aksesoris yang terlalu banyak dan besar. Gunakan aksesoris secukupnya untuk memperindah tampilan taman Anda. Lagipula, sedikit aksesoris bisa memberi kesan yang lebih alami terhadap taman Anda.

Itulah beberapa cara mudah dalam membuat sebuah taman kecil di rumah. Semoga informasi diatas bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*